Lebaran 2012 – Perjalanan 6 (Kediri, 24 Agustus 2012)

‘Tiada Rotan , Akarpun Jadi’

Pepatah tersebut berlaku juga….tiada ke Gunung Bromo, ke Gunung Kelud-pun jadi hehehe..

Dikarenakan satu dan banyak hal, perjalanan utama yang sudah direncanakan (Gunung Bromo) akhirnya gagal juga.

Mengobati kekecewaan hati, akhirnya saya berbelok arah ke Gunung Kelud yang terletak di perbatasan,  antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri.

Pada awalnya, Gunung Kelud adalah Gunung Berapi yang indah karena dilengkapi dengan kawah yang luas. Namun sejak tahun 2007, tepatnya tanggal 5 November 2007 terjadilah fenomena alam yang luar biasa. Yakni dari dalam danau kawah muncul kubah lava seluas -/+ 100 meter dengan ketinggian sekitar 20 meter dari air kawah. Hingga kini kubah lava tersebut terus tumbuh, dengan perkiraan bertambah 2 meter setiap harinya. Kubah lava tersebut sekarang terkenal dengan nama “Anak Gunung Kelud“.

Gerbang masuk Lokasi Gunung Kelud

Akses menuju Gunung ini sangat mudah, jalan beraspal sampai ke lokasi dan dikiri kanan terdapat kebun nanas. Meskipun begitu, kita tetap harus waspada karena terdapat beberapa titik ruas jalan sedang longsor.

Mendekati lokasi, tikungan semakin tajam dan kita harus ekstra hati-hati. Untuk pengguna kendaraan umum, tidak perlu kuatir karena ada mobil angkutan umum sampai diatas. Untuk pengguna kendaraan pribadi juga tidak perlu kuatir, karena ternyata halaman parkir yang tersedia sangat luas dan bersih.

Halaman parkir sangat luasssss

Kesan pertama……hm…segarnyaaaa…udara masih bersih, angin sepoi-sepoi….
puass raanya..seperti di Nirwana (heheheheh…..orang muda bilang LEBAY)

Untuk melihat Anak Gunung Kelud, dari lokasi parkir kendaraan kita harus memasuki sebuah lorong. Konon lorong ini merupakan goa batu, tetapi kondisi terakhir sudah dilapisi semen dan sudah ada lampu penerangan di sepanjang lorong tersebut.

Dibelakang tampak pintu lorong batu

Hanya beberapa meter dari ujung lorong batu tadi, maka mata kita akan langsung bisa menatap tumpukan batu andesit berwarna hitam yang menjulang. Itulah anak gunung kelud yang kesohor itu. Jika malam hari konon katanya dibagian puncak anak gunung kelud akan memerah seperti bara.

Anak Gunung Kelud

Jika anda kurang puas hanya melihat anak gunung kelud dari atas, adapula tangga turun yang akan mengantar anda sampai di kaki anak gunung kelud. Sampai di bawah sana anda bisa memegang langsung batu-batu yang menjadi bagian dari anak gunung kelud.

Tangga turun menuju kaki Anak Gunung Kelud

Turunan Tangga

Apabila merasa lelah, kita bisa istirahat di pos-pos yang disediakan disepanjang tangga turunan.

Puncak Sumbing

Karena waktu yang sangat sedikit, dengan terpaksa saya beranjak meninggalkan lokasi…fiuhh…padahal banyak keunikan Gunung Kelud yang belum saya coba seperti flying fox,  ATV Offroad dan spa air panas.

Hm….sepertinya saya harus kembali lagi ke Gunung Kelud dan mencoba semua keunikan dan keindahan yang ada….(sedikit kecewa karena masih kurang puassss)

Pemandangan sekitar Gunung Kelud

Narsis Mode On hehehehe….perjalanan turun gunung, nangkring dulu dipinggir jalan…

Indahnya…ingin kembali lagi..

Mumpung masih didaerha Kediri, tidak ada salahnya kita berwisata Rohani. Kali ini saya berziarah ke Gua Maria Pohsarang, yang merupakan salah satu tempat ziarah agama Katolik yang terletak di kompleks Gereja Pohsarang di desa Pohsarang, kecamatan Semen, Kediri, sekitar 10 km arah barat daya kota Kediri.

Gerbang menuju Lokasi Gua Pohsarang

Gua  Maria ini berada di sebelah kanan Gereja dan merupakan sebuah gua yang banyak didatangi oleh bukan hanya umat Katolik untuk berdoa rosario atau novena, melainkan juga oleh umat lain yang bukan Katolik untuk melakukan meditasi dan memohon ujub kepada Tuhan yang Mahapemurah.

Gua Maria Lourdes Pohsarang

Patung Bunda Maria terbuat dari batu asli

Setelah berdoa sejenak memanjatkan doa-doa…..akhirnya saya harus siap-siap pulang ke Cepu dan memeperiapkan perjalanan selanjutnya ke SOLO…

SOLO??? ada yg special? to be continued yah…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s