Lebaran 2012 – Perjalanan 7 (Solo, 25-26 Agustus 2012)

Taraaaa………Sampai juga di kota Solo.
Sebenarnya saya tidak merencanakan sesuatu yang special di Solo, hanya sekedar istirahat dan berkumpul dengan orang tua dan saudara setelah sebelumnya saya ‘keluyuran’ sendiri hehehehe….

Malam minggu yang tenang sambil bercanda bersama keluarga….oh nikmatnya…
kapan lagi kita bisa berkumpul bersama keluarga besar, maka dari itu selama kesempatan masih ada harus kita pergunakan sebaik-baiknya.

Tak sadar mata ini sudah berkedip-kedip seperti bohlam 5watt Zzzzzzzzz……..time to sleep, good nite yall…..

Ada yang bilang ‘Hari Minggu, Harinya Tuhan’ soo…sayapun segera bersiap menuju Gereja di daerah Kartasura. Sesampainya disana, kesan pertama yang saya tangkap dari Gereja Santa Maria Kartasuro adalah SEDERHANA dan suasananya nyaman sekali…..

Ok guys, lets pray….begin….

Gereja Katolik Santa Maria Kartasuro

Suasana setelah Misa

AMENNNN….

Saatnya berkunjung ke rumah saudara di Colomadu…..

Brum….brum….5menit lagi sampai, kata bapak….tapi ada sesuatu yang menarik perhatian saya….sebelah kiri jalan ada bangunan tua bergaya Kolonial yang masih kokoh berdiri. Kata bapak itu bangunan Pabrik……hm…jadi penasaran de…

Setelah menyapa saudara, saya minta ijin keluar sebentar dan mulai menyusuri jalan kampung menuju Pabrik tersebut.

Jam menunjukkan pukul 12.00 WIB, panas terik memang tapi tak menyurutkan niatku untuk mendekat dan melihat secara langsung.
Celingak-celinguk….hm…tak ada orang yang bisa ditanya, ya sudahlah ku bermain dengan kamera ditangan….

Sayap kanan bangunan

Setelah beberapa saat, ada seseorang keluar dari pintu gerbang utama. Bergegas saya menghampiri mas A (saya lupa menanyakan namanya hehehehe….) dan bertanya apakah nama bangunan tersebut, ternyata bangunan itu adalah pabrik gula yang bernama Pabrik Gula Colomadu (PGC) yang didirikan oleh KGPAA Mangkunagara IV dan merupakan saksi bisu zaman keemasan agroindustri pada masa kolonial dan ditutup pada awal abad ke-21, tepatnya tahun 1998, mengikuti kecenderungan yang sama di berbagai tempat di Jawa, dan tidak ada tempat lagi untuk ditanami tebu.

Menurut info (dari mas A), pabrik ini masih digunakan sampai sekarang tetapi beralih fungsi menjadi gudang tembakau dengan pegawai sekitar 1000 orang.
Sebenarnya saya ingin mendengar cerita lebih lanjut lagi dari mas A, tapi apa daya mas A sedang sibuk dan harus segera pergi menjalankan tugas….hm….ya sudahlah, lain waktu saya akan kembali lagi dan mengupas tuntas tentang PGC.

Tampak Bangunan

Office…sisa peninggalan PGC

Gerbang Utama PGC

Detail

Detail

Kantor Lama

Misi selanjutnya sudah menanti yaitu belanjaaaa…… yippieee…. sesegera mungkin saya meluncur ke Pasar Klewer, yang terletak di sebelah Barat Keraton Surakarta, Kota Surakarta, Propinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Sayang beribu sayang, banyak lapak yang masih tutup karena masih suasana Liburan….okelah, yang penting sudah menjajakkan kaki kesana.

Lumayan…masih ada lapak yang buka

‘Sambil menyelam, minum air’ , sambil jalan menuju parkiran, bolehlah kita tengok-tengok Keraton Surakarta…karena terbatasnya waktu, maka saya cukup puas melihat dari luar saja hehehehee…

Pagelaran Sasana Sumewa

Pagelaran Sasana Sumewa

Krucuk-krucuk…ouw…ouw….waktu sudah menunjukkan pukul 13.00 WIB pantas saja cacing dalam perut sudah berdemo.

Pilihan kali ini jatuh ke Rumah Makan Timlo Solo, terletak di salah satu jalan utama kota Solo yaitu di jalan Urip Sumoharjo 94. Pada dasarnya, timlo adalah sup, berisi irisan ati ampla ayam, irisan dadar gulung, irisan sosis solo, mihun, telur pindang, dan suwiran ayam goreng. Kuahnya bening, encer, dan segarrrr…..maknyus????hm…sepertinya saya harus memberi level Top markotop saja de, ada sesuatu yang kurang ‘nendang’ hehehee….

Apabila ingin menambah lauk, dimeja biasanya sudah disediakan sosis solo basah dan tahu bacem.

Rumah Makan Timlo Solo

Timlo Ayam Telur

Sosis Solo Basah

Tahu Bacem

Perut kenyang, hati senang….saatnya pulang ke Cepuuu……..

Perjalanan Liburan Lebaran 2012 sampai disini, karena esok malam (27 Agustus 2012) kami harus kembali ke Jakarta untuk menjalankan kegiatan seperti biasa lagi…

Have Nice Holidays……. :p

Advertisements

2 thoughts on “Lebaran 2012 – Perjalanan 7 (Solo, 25-26 Agustus 2012)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s