WARUNG IJO (Bu Padmo)

Mencoba mengulik kuliner sekitar Jogja, siang ini saya menyusuri Jalan Magelang menuju daerah Tempel, Sleman.

Berbekal peta dan sedikit nyasar, akhirnya sampai juga di Warung Ijo Bu Padmo yang terletak  di Pasar Ngepos, bawah Jembatan Krasak, Tempel, Sleman.

IMG_4954

Warung Ijo Bu Padmo ini terkenal dengan Brongkos yang terkenal sejak tahun 1950. Jadi, sudah sekitar 63 tahun warung ini melayani pecinta brongkos dan sampai sekarang tetap melegenda. Konon ceritanya, Bu Padmo (alm) ini berjualan nasi brongkos untuk melayani para penambang pasir di kali Krasak dan juga para pedagang di Pasar Tempel. Karena enak dan harganya terjangkau, warung borngkos Bu Padmo semakin berkembang. Meski hanya menempati los pasar yang tak begitu luas ini, namun pelanggannya sangat banyak hingga sekarang.

IMG_4944

warung IJO

Tanpa ba….bi..bu..lagi, saya panggil ibunya… Bu, Brongkos dua…tenang…maksudnya buat 2 orang, bukan buat saya smua (meskipun lagi lapeeerrr bgt nieh). Beruntung siang itu warung sedang sepi, jadi lumayan bisa menclok sana, menclok sini nyari posisi duduk yang pas…dan tak berapa lama, si Brongkos datang…

Sikatttttt…….. eh, sambil sikat kerupuk, tempe, tahu…pokoknya yg ada didepan mata, sikat saja (beuhhhh….laper ato rakus yak??)

IMG_4945

Untuk rasa memang sedikit berbeda dengan brongkos Depot Kluwak.Kalau di Depot Kluwak rasa sudah dimodifikasi, tapi di Warung Ijo rasa masih orisinil… sensasi rasa yang berbeda, dengan ditemani segelas es jeruk memang MAKNYUSSSSS….. sesuatu banget (halah….)

IMG_4951

Komposisi bumbu yang dibuatnya demikian pas banget. Kuahnya tidak terlalu encer, tetapi juga tidak terlalu kental. Warnanya juga tidak pucat namun juga tidak terlalu gelap seperti rawon Jawa Timur. Dagingnya? Jangan tanya deh. Benar-benar empuk. Terasa lembut jika dikunyah. Ditelan terasa nyaman. Bumbu-bumbunya itu lho ngresep banget di serat-serat daging

IMG_4939

Dari porsi yang tidak telalu banyak dan harga yang ditawarkan, mungkin tergolong agak mahal sedikit.Tapi sensasi rasa yang ditawarkan memberikan nilai lebih…. bolehlah dicoba…

Biar gak salah rute, dari jalan Magelang sebelum jembatan Krasak ambil lajur kiri, turun ke bawah jembatan. Nah kalo ada warung ijo nyempil kecil, itu dia Warung Brongkos Bu Padmo.

Oke….selamat berburu Brongkos yakkkk…….. :p

Advertisements

2 thoughts on “WARUNG IJO (Bu Padmo)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s