Touring (Ciater-Tangkuban Parahu)

Touring again..yihaaaa….

Kesempatan kali ini kita menyambangi Pemandian Air Panas Ciater kemudian lanjut ke Gunung Tangkuban Parahu. Masih seperti touring sebelumnya (Anyer), kita berkumpul di Proyek Mall didekat Tol Alam Sutera. Dan masih seperti sebelumnya, banyak yang ‘ngaret’ termasuk saya hehehhee….sepertinya memang tidak seru bila tidak telat booo…. :p ups….jangan ditiru guys …

Setelah semua berkumpul, saatnya berdoa dulu supaya lancar dijalan dan kemudian persiapan untuk berangkat. Tepat pukul 9.00 WIB kita mulai beranjak menyusuri jalan. ‘Hati-hati dijalan, anak dan istri menunggu dirumah’ motto itu selalu kami ingat, jadiiiii…..ya agak tidak terlalu ngebut, selain itu peserta touring kali ini lumayan banyak takut ‘kececer’ juga hehehehe…

Sekilas tentang Pemandian Air Panas Ciater

Sari Ater Hot Spring Resort atau lebih dikenal dengan obyek wisata air panas Ciater, terletak pada kawasan pegunungan Subang, di kaki gunung Tangkuban Parahu, tepatnya di Desa Ciater, Kecamatan Ciater Kab.Subang. Mata air panas Ciater berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Parahu yang letaknya tidak terlalu jauh dari objek wisata ini. Selain dialirkan ke pemandian, air panas tersebut mengalir melalui sungai sepanjang 2.000 m yang kemudian menjadi dingin dan digunakan untuk kepentingan pengairan lahan persawahan. Konon menurut petani setempat, air ini lebih dapat mempengaruhi mutu panen dibanding air biasa.  

Objek wisata Ciater terasa semakin memesona dengan suguhan udara pegunungan yang dingin serta pemandangan perkebunan teh yang luas. Selain suasana setempat yang nyaman,  kita juga dapat memanfaatkan air di tempat ini untuk terapi kesehatan. Konon kandungan belerangnya ideal untuk menyembuhkan berbagai penyakit seperti kelumpuhan, rematik, gangguan syaraf, tulang, dan berbagai penyakit kulit lainnya bila dilakukan secara teratur.
Sekian sekilas infonya 🙂
Back again, setelah melewati perjalanan panjang, dari nunggu teman di Bogor (lumayan lama juga nieh), jalanan yang naik turun, dan sempat ketinggalan dan akhirnya ditinggal juga gara2 motor tidak kuat nanjak hehehehhe….akhirnya sampai juga di Ciater jreng..jreng..jreng….
Hari sudah gelap, udara sudah mulai dingin, badan cape dan pegal (faktor ‘U’ sepertinya :p)….setelah menurunkan barang bawaan di penginapan, langsung de kita meluncur ke pemandian air panas Sari Ater (lokasi dekat penginapan)…..dan kita berendammm bowwww……
cape dan pegel ilangggg…..wuzzzz….
Kalau gak kuat panas, bolehlah duduk2 dipinggir kolam sambil menikmati makanan yang ada atau cukup kecipak kecipuk berendam kaki saja.
IMG_3771
IMG_3775

Banyak referensi bahwa di Sari Ater ini banyak fasilitas lain yang tak kalah serunya seperti :

  • Fasilitas resort Sari Ater Hot Spring Resort :  mempunyai 103 kamar dan bungalow dengan berbagai tipe, lengkap dengan fasilitas ruangannya.
  • Fasilitas olahraga dan Adventure :  Tenis lapangan, Basket, Volley, Mini Golf, Wahana anak-anak, Tea Walk, Paint Ball Games, Gokart Off Road, dsb.
  • Fasilitas rekreasi : Kolam rendam air panas, perahu dayung, lahan perkemahan, kolam pancing, picnik area kerajinan keramik, dsb.
  • Fasilitas restaurant dan bar
  • Fasilitas conference & banquet

Cuma sayang, karena kedatangan kita sudah agak gelap dan hari itu kebetulan sedang gerimis, maka saya belum sempat ‘ngider’ (Bahasa Jawa : keliling) ke tempat tersebut 😦

Bolehlah kapan2 kita coba xplore kesini bersama keluarga melepas penattt…

Akhirnya setelah puas berendam dan sudah keriting+keriput tangan ini, saatnya kembali ke penginapan, karena si embek sudah memanggil :p

Untuk kali ini memang acara kami gelar sedemikian rupa dan dimeriahkan oleh sang primadona kambing guling heheheh…yummy… laparrrr…salut buat tim sukses yak jempollll.

Dengan diiringi suara gemericik air dari sungai disebelah penginapan, tanpa babibu lagi ayo kita serbuuuuuu…….mari makannnnn………

kriuk..kriuk….kriuk… (sorry guys, ceritanya tar dulu ye..si kambing enak bgt nieh)

Perut kenyang, hati senang, lets singing…..hatiku gembira…syalalalala…

Brrrr….udara dingin menusuk kalbu, mata juga sudah berkedip-kedip…sepertinya untuk malam ini kita sudahi dahulu, karena esok perjalanan masih panjang … Good Night all….zzzzzzzz…….

Kukuruyuk………morninggg all………

Hoahem…sebenernya siy masih ngantuk berat, tapi apa daya karena kita berebut kamar mandi (wkwkwk) jadi musti pagi2 bangun biar bisa pake sepuasnya, kalau gak bisa dimenit-in tu hehehe…

Udara pagi benar2 sejuk….hm….seger bgt, kalau begini ceritanya bisa awet muda nieh wkwkwk. Sambil menunggu sarapan pagi, menunggu matahari melek juga….ternyata banyak juga yang sudah melek. Pagi ini diawali dengan mencuci motor, sekalian menggerakkan badan biar gak dingin bbrrrr (yang rajin yak..)

IMG_3813

IMG_3807

Singkat kata, singkat cerita, sarapan pagi = done, si motor kinclong = done, kita juga kinclong = done….oke, saatnya bersiap2 meninggalkan penginapan nieh…dan tak lupa buat kenang2an….berfoto riaaaaa…. hehehehehe…mantabbb 1…2….3…cheerrssss…..

IMG_3844

Masih pada rapi fotonya…

Kumat de….whoaahaaaa

IMG_3797

Our Youngest Member

Our Youngest Member

Hahahaha….seruuu…..pokoknya

Lets go guys, jalan lagi ke lokasi kedua yaitu Gunung Tangkuban Parahu.

Jarak Ciater-Gunung Tangkuban Parahu sekitar 7 km, dapat ditempuh sekitar 15-25 mt asal tidak nyasar hehehe….berhubung motor tidak mendukung nieh, jadinya kita ketinggalan dan ditinggal pula hiks (again????) alhasil nyasar sampai bawah de…sepertinya dikit lagi nyampe Bandung kota tu…. fiuh…

Celingak-celinguk kog tiada teman, curiga juga trus nanya2 sopir angkot dan mereka bilang keterusan kang….bahhhhh…..putar baliklah kita…

Walah……nyasarnya lumayan jauh juga euy, ampun dah….pelan2 kubawa bronpit mendaki gunung, kemana ni orang2 kog pada menghilang?hiks…

Maju terus pantang mundur ayoooo….. sekitar 15mt dari tempat nanya akang sopir angkot tadi,  bau belerang seakan mempersilahkan kami mampir, ternyata kita sudah berada dijalan yang benar (horeeee……)

Taraaaa…..sampai juga kita fiuhhh…. parkir dulu yakk :p

IMG_3993

Sekilas tentang Gunung Tangkuban Parahu

IMG_3899

Gunung Tangkuban Parahu merupakan gunung terbesar di daratan Parahyangan yang terletak sekitar 30 kilometer di utara kota Bandung, lebih tepatnya di daerah Lembang, sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor. Tangkuban Parahu memiliki udara yang sejuk dan sumber air panas di kaki gunungnya dengan ketinggian 2.084 meter. Udara yang sejuk, hamparan kebun teh, lembah dan tingginya pohon pinus akan menemani perjalanan kita menuju gerbang Tangkuban Parahu.

Menurut legenda,  Gunung Tangkuban Parahu terbentuk karena amukan Sangkuriang yang tidak jadi menikahi ibu kandungnya sendiri (Dayang Sumbi), sehingga perahu yang telah ia buat untuk syarat menikahi ibunya yang cantik tersebut di tendang sampai terlempar jatuh dan terbalik akhirnya menjadi sebuah gunung yang kita kenal sebagai Gunung Tangkuban Parahu Bandung (diambil dalam bahasa sunda) yang dalam bahasa Indonesia tangkub artinya terbalik.

Untuk menelusuri Gunung Tangkuban Parahu yang sangat luas kita akan melalui jalan setapak, atau kita bisa menunggangi kuda sewaan yang akan mengantar kita mengelilingi Gunung untuk sekedar menikmati keindahan alam dan berfoto disana karena objeknya yang sangat indah termasuk saya….berfoto ria hehehehe…

IMG_3973

IMG_3972

IMG_3957

Horeee…ketemu lagi geng orange…..biarpun yang lain sudah ‘mencar’ (bahasa Jawa : pisah) sendiri2, dengan beberapa orang yang tersisa :p tetep berhappy ria duonkkk…lets go, taking picture….1….2…3…cheerrrssss……..

IMG_3862

IMG_3869

IMG_3919

'Cangklong' Group

‘Cangklong’ Group

Tangkuban Parahu terkenal dengan kawahnya, ada dua jalan yang dapat dilalui untuk menuju kawah-kawah tersebut, jalan pertama atau jalan lama dengan kondisi jalan yang lebih sulit dan biasanya di tutup setelah turun hujan karena di anggap membahayakan untuk dilalui dan jalan kedua adalah jalan baru yang sudah beraspal yang memudahkan kita untuk sampai di kawah-kawah tersebut, pada sisi jalan yang berkelok-kelok di tumbuhi banyak bunga terompet dan pohon lainnya.

IMG_3928

Ada tiga kawah terkenal di kawasan Tangkuban Parahu yang menarik untuk di kunjungi, yaitu:

  • Kawah Ratu:
    Merupakan Kawah terbesar yang terdapat di kawasan Tangkuban Parahu. Kawah ini terlihat dari atas dengan pembatas pagar di tepi-tepi kawahnya. Tanah di sekitar kawah umumnya berwarna putih dengan batu-batu belerang yang berwarna kuning, kita juga bisa melihat secara menyeluruh Kawah Ratu jika mendaki ke daerah lebih tinggi.

IMG_3906'

IMG_3896

  • Kawah Upas:
    Terletak di sebelah Kawah Ratu, bentuk Kawah Upas lebih dangkal dan mendatar. Jalan untuk menuju Kawah Upas cukup berbahaya, kita harus melewati jalan berpasir.
  • Kawah Domas:
    Terletak di bawah Kawah Ratu, jika kita datang melewati jalan baru maka kita akan menemukan gerbang menuju Kawah Domas terlebih dahulu sebelum Kawah Ratu. Di Kawah Domas kita bisa melihat lebih dekat area kawah, bahkan kita juga bisa mencoba untuk merebus telur ke dalam kawah. Jika kita ingin melihat Kawah Domas melewati jam 16.00, kita harus menggunakan jasa pemandu.

Inginnya semua kawah ditengok2, tapi apa daya karna waktu yang sangat terbatas cuma bisa menikmati kawah Ratu saja de….

Sepertinya kabut sudah mulai turun, disertai gerimis….sebentar lagi pasti gelap, petualangan harus kita sudahi dan siap2 pulang Jakarta.

1, 2, 3, 4…..12 motor…sip, ayo melaju guys….siap2 pulang, sebelum hari semakin gelap….

Eits tunggu dulu, ada yang kececer de….belok kiri, kita tunggu di warung sambil ngupi yak

IMG_4011

Namanya juga rombongan besar, ada yang ketinggalan itu biasa (pengalaman pribadi ditinggal soale heheheh) Sambil ngadem, sambil santai sejenak…ditemani hamparan kebun teh didepan mata..segerrrr…..ijooo…ijo….

IMG_4014

Numpang narsis :)

Numpang narsis 🙂

Habis sudah kopi segelas (saya ga minum kopi, cm liat aja, beneran loo…) eh….baru nongol para ‘kececer’ guys.

Lanjut lagiiii……..keburu malam dijalan nieh….fiuhh….

Touring kali ini penuh cerita, ada yang ketinggalan, ada yg nyasar pokoknya seruu…memang kami bukan riders pro, hanya bersenang2 melepas penat setelah lelah bekerja, so…..bila acak adut kurang koordinasi ya wajar saja hehehe…tapi gak kapok buat jalan2 lagi kog….

Ok, sekian dulu cerita dari Ciater dan Tangkuban Parahu see u…..ciao…

Oleh-oleh :

Stairs

Stairs

IMG_3943

Sign

Sign

Mampir beli oleh-oleh

Mampir beli oleh-oleh

Holaaaa...

Holaaaa…

Advertisements

9 thoughts on “Touring (Ciater-Tangkuban Parahu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s