Touring (Ciwidey, 2-3 Mar’13) – KAWAH PUTIH

IMG-20130302-01792

Menyambung dari tulisan sebelumnya yang terputus,  setelah dari lokasi pertama (SITU PATENGGANG) kemudian kita lanjutkan ke lokasi kedua yaitu KAWAH PUTIH.

# LOKASI KEDUA = Kawah Putih

From the past (masih kurus booo ... )

From the past (masih kurus booo … )

Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari Gunung Patuha yang terletak di daerah selatan kota Bandung, tepatnya di daerah Ciwidey. Gunung Patuha, oleh masyarakat sekitar dianggap sebagai gunung tertua yang berasal dari kata Pak Tua (sepuh) oleh karena itu seringkali masyarakat sekitar menyebutnya Gunung Sepuh.

Untitled-1

Dahulu kala sebelum Kawah Putih di buka untuk umum, masyarakat setempat percaya bahwa Kawah Putih menyimpan misteri dan angker karena banyaknya burung yang mati saat melintasi Kawah Putih sehingga tidak ada seorangpun yang berani menginjaknya. Namun pada tahun 1837 seorang Belanda peranakan Jerman, Dr. Franz Wilhelm Junghun (1809-1864) membantahnya. Ia pun kemudian melakukan penelitian dan menemukan fakta bahwa banyaknya burung mati saat melintasi kawasan tersebut tidak lain dikarenakan adanya semburan lava belerang. Karena kandungan belerang di Kawah Putih sangat tinggi maka pada zaman pemerintahan Belanda sempat dibangun pabrik belerang yang di beri nama Zwavel Ontgining Kawah Putih yang kemudian usaha tersebut di lanjutkan pada pemerintahan Jepang dengan mengganti namanya menjadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey.

Kemudian pada tahun 1987 PT. Perhutani unit III Jawa Barat, Banten mulai mengembangkan kawasan Kawah Putih sebagai obyek wisata. Keindahan danau Kawah Putih memang sangat mempesona. Danau Kawah Putih memiliki ciri khas dan keunikan yaitu air di danau kawahnya bisa berubah warna, seperti hijau apel, kebiru-biruan bila cuaca terang terkena pantulan matahari, coklat susu, namun paling sering terlihat airnya berwarna putih disertai kabut tebal di atasnya.

Sesampainya di lokasi, ternyata motor tidak boleh masuk sampai atas (lokasi kawah putih). Ya sudahlah, apa boleh buat, motor parkir di bawah saja dan untuk ke atas sudah disediakan mobil angkutan.

Gerbang

Gerbang

Penampakan parkir mobil dan bus

Penampakan parkir mobil dan bus

IMG_9440_resize

Penampakan parkir motor

Tidak perlu khawatir naik mobil angkutan, kita tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan karena biaya sudah termasuk dalam tiket masuk, jadi kita tinggal antri dan tinggal naik aja de…. Tapi berdasarkan pengalaman kemarin, harus xtra tenaga buat ‘rebutan’ senggol kanan-senggol kiri supaya bisa masuk mobil (masih lemahnya koordinasi dari pengelola niii….budaya antri agak gak terpakai), tapiiii…seru juga siy..bisa buat cerita hehehehe….

Setelah melewati hutan, belok kanan…belok kiri….wuzzz tanjakan tajam….. (kuat juga angkotnya, secara yang naik segede2 gaban :p ) akhirnya sampai juga kita.

IMG_9312_resize

Dari tempat turun angkot, harus jalan lagi menuju kawahnya

Dari terminal kecil (istilah sendiri :p) untuk menuju ke kawah harus berjalan kaki, agak lumayan jauh tapi bila capai bisa berhenti dulu sambil gelar tikar di bawah pohon2 yang ada di sekitar lokasi.

Setelah bertahun-tahun, ternyata banyak perubahan yah hm…(selain diriku yang tambah bohai tentunya :p), dulu sekitar th 2006 (ceritanya pernah jalan sendiri kesini duluuuu kala :)) kawah putih masih sepi (karena datangnya juga kesorean hehehe..) dan kurang terawat..sekarang sudah bagoes… sip…sip..

Baheula...tetep touring...memang senengnya kluyuran :)

Jaman dahulu kalaaa…..nyoba jalan sendiri ke Kawah Putih

Tangga Kawah Putih

Tapi ada satu yang tak pernah berubah dari Kawah Putih, adalah keindahannya yang tetap mempesona…hati-hati bagi yang tidak kuat mencium bau belerang, lebih baik sedia masker supaya tetap nyaman.

Alam pemandangan disekitar kawah putih cukup indah dengan air danau berwarna putih kehijauan yang sangat kontras dengan batu kapur putih yang mengitari danau tersebut. Disebelah utara danau berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya. Cuaca saat ini lumayan terik, tapi tak lama mendung dan siap-siap turun hujan… jadi kami lumayan tidak terlalu lama di lokasi ini, dan belum sempat jalan mengitari kawah maupun hutan disekitar…. tapi, sudah sampai sini kenapa tidak dimanfaatkan saja, seperti biasa bernarsis RIA !!!! huahahahaha..jadwal yang tidak boleh terlupakan..

Air berwarna hijau apel

Air berwarna hijau apel

DSCN1298'

TOP dah..

TOP dah..

Holaaaaa......

Holaaaaa……

Tim Ciwidey

Tim Ciwidey

Sekalian bernostalgia ria nieh ceritanya, jaman masih pacaran (kurus-kurus) dan jaman sudah merit (bohaiiiiiii…… )

Kawah Putih 1_resize

Kawah Putih 2

Before and After :p

Before and After :p

Wah, sudah mendung dan sepertinya mau hujan nieh…angin juga agak kencang, hari juga sudah siang sekali sedangkan kita masih ada 1 tempat lagi yang harus dikunjungi….harus segera turun gunung de…

Yo, ayo…yo, ayo…siap-siap turun gunung, nunggu angkot untuk bawa kita kebawah..yo…yo..yo.. (sambil ngerap wkwkwkw…)

10 menit berlalu, agak lama juga menunggu angkotan yang naik, jadi sekalinya ada angkot naik (bawa penumpang dari bawah)…orang-orang sudah pada berjejer antri dan rebutan supaya bisa kebawa turun..bahkan sampai ada yg lompat jendela segala..hedewww..petugas mana nieh?yang antri lamaan malah gak kebagian 😦

Belajar dari pengalaman dahulu waktu masih kecil, jaman mudik lebaran rebutan nyari tempat duduk di bus, makaaaa….kukerahkan semua tenaga buat geol kanan-kiri, dan finally berhasil…berhasil..berhasil…yippie….dapet tempat duduk dekat mas sopirnya, dan kebetulan si mas  puterin lagu Slow Rock… pas bener, sepanjang jalan jadi bergosip dan bercerita sama si mas ‘ngalor-ngidul’ (bahasa jawa= kemana-mana) duechhh :p yang tadinya bete jadi ketawa2 gak jelas kita.

Sampai di parkiran bawah, kita berkumpul dulu sambil nunggu teman yang belom kebawa angkot…dan kita mengadakan rapat dadakan, untuk lokasi ketiga (kebun strawberry) dibatalkan saja…mendingan beli di sini sajalah yang deketan. Okelah kalau begitu..berarti saatnya keliling berburu buah strawberry maupun olahannya (selai, stick, keripik, dll)

Setelah semua anggota berkumpul, saatnya kita siap2 pulang kembali ke Jakarta. Tapi sebelumnya kita berhenti dulu mencari tempat makan yang lumayan enak tempatnya untuk meluruskan kaki sejenak. Kebetulan di pinggir jalan nemu rumah makan Bamboo (lupa nama warungnya), mampirlah kita kesana….ingat, yang harus diperhatikan adalah ada harga yang tertera di menu..kalau tidak, kejadian digethok lagi nantinya. Untuk kelas pinggiran, rasa yang disuguhkan lumayan enak (atau kitanya yang laper yak?hehehehe… secara dari pagi belum ketemu nasi, cuma ngemil2 gak jelas) dan tempatnya juga lumayan asyik.

Rasanya lumayan juga (daging gepuk)

Rasanya lumayan juga (daging gepuk)

IMG_9460_resize

View dari warung makan

View dari warung makan

Perut sudah kenyang, badan juga sudah lumayan seger lagi…siap-siap jalan lagi yuksss…keburu kemalaman dijalan. Lanjuttttttt………………

Matahari sudah sembunyi di peraduannya, tanpa banyak kata-kata hanya gerakan tangan dan kaki untuk memberi tanda ada lubang/ belokan…. kami saling beriringan menembus gelapnya malam.  Sempat kehujanan dan kami harus berhenti memakai mantel, tapi secara keseluruhan perjalanan pulang sangat lancar dan tanpa halangan…hingga, tinggal kamu ber 5 motor (yang 1 sudah pisah di Bogor) ternyata hujan tidak bersahabat dengan kami…alhasil kami harus ngemper dulu di pinggir jalan (daerah Cibubur), yah..sembari rehat sejenaklah…pegel..pegel…kakiku pegelll..

Ngemper duluuu...

Ngemper duluuu…

Wah sepertinya hujan tak menunjukkan tanda2 berhenti, terpaksa kita pakai mantel lagi dan pergi menembus derasnya hujan sampai rumah…lumayannnn….ademmm hehehe…

Okelah, sepertinya perjalanan kali ini sampai disini dulu….karena apapun yang terjadi, esok pagi (Senin) kita harus tetap masuk kerja, tidak boleh bolosss bowww….

Happy touring guys….kalau mau ada yg gabung bolehlah kapan-kapan kita jalan bareng ya….

IMG_9405_resize

Oleh-oleh dari KAWAH PUTIH :

IMG_9089

Dingin-dingin ditemani segelas bandrek, mantabbb

IMG_9431'

Entrance

IMG_9428_resize

IMG_9427_resize

IMG_9415_resize

IMG_9413_resize

Hening

Hening

IMG_9441_resize

Dalam Lelahku

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s