One Day Trip Kelor-Cipir-Onrust (Kelor)

Bosannn…………. huff…

Pengen jalan-jalan….akhirnya browsing mencari sesuatu yang seru.

Wah..kebetulan ada diskon One Day Trip Kelor – Cipir- Onrust (namanya perempuan ketemu yg namanya diskon langsung bling bling de.. šŸ™‚ )

Boleh juga ni…kebetulan pada hari keberangkatan tidak ada acara apapun.

Singkat kata singkat cerita, akhirnya tibalah pada hari yang dinanti.

Kita berkumpul di Muara Karang sekitar pukul 07.30 – 08.00 WIB.

Muara Karang

Muara Karang

IMG_2992

Setelah semua peserta lengkap, kita dikelompokkan menjadi beberapa grup dan bersiap-siap meluncur menuju pulau 1 = PULAU KELOR.

IMG_2995

IMG_2998'

Berangkatttttt…………..

Dari pelabuhan Muara Kamal, Jakarta Barat dengan menggunakan perahu motor, Pulau Kelor dapat dicapai sekitar 20 menit perjalanan. Dalam perjalanan yang singkat itu, perahu motor bisa saja tiba-tiba terhenti karena baling-balingnya tersangkut sampah. Perairan di sekitar Muara Kamal ibarat tempat pembuangan sampah raksasa, sehingga air laut menjadi berwarna hitam pekat dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

IMG_3001

Makin jauh dari pesisir Jakarta, warna air laut berangsur-angsur menjadi coklat terang. Gambaran suram kerusakan lingkungan di perairan Jakarta akan berganti dengan panorama yang mempesona. Hamparan pasir putih yang bersih akan menyapa pengunjung setelah perahu merapat di Pulau Kelor.

Hamparan pasir putih

Hamparan pasir putih

IMG_3005IMG_3008

Daya tarik utama Pulau Kelor adalah Benteng Martello yang dibangun VOC untuk menghadapi serangan Portugis pada abad ke-17. Benteng ini terbuat dari batu bata merah berbentuk bulat lingkaran yang dibuat dengan meniru benteng Mortella di Corsica, sebuah pulau di Laut Tengah.

Benteng Martello

Benteng Martello

Benteng Martello merupakan menara untuk tujuan militer berbentuk lingkaran yang biasanya dilengkapi dengan senjata yang bisa manuver 360 derajat untuk menembak musuh.

Inside View

Inside View

Benteng Martello di Pulau Kelor rusak parah karena terjangan tsunami akibat letusan Krakatau pada tahun 1883. Pengikisan karena gelombang laut juga membuat bagian luar benteng terendam air. Untuk mengurangi dampak pengikisan, kini dipasang pilar-pilar pemecah gelombang.

IMG_3010

Pilar pemecah ombak

IMG_3082

Benteng Utama / Terdepan hanya tinggal pondasi yang terbuat dari bata merah.

Usut punya usut, ternyata pada jaman dahulu pulau ini dijadikan kuburan awak kapal Sevent Provincien yang memberontak kepada Pemerintah Belanda dan juga menjadi tempat kuburan bagi para penderita penyakit kusta yang dirawat di Pulau Cipir. Serem ya….hiy….

Tapi kecantikan pemandangan dan peninggalan pulau ini lebih menarik daripada cerita seramnya. Beruntungnya saya sudah pernah menginjakkan kaki kesini sebelum keberadaan pulau ini hilang ditelan lautan luas fuhhh..lucky me

Jalan-jalan tak lengkap bila belum bernarsis ria… selain dapat pengalaman baru, kawan baru tak lupa foto narsis baru pulaaaa… hahhahahaa…. :p

Bergaya didepan benteng Mortello

Bergaya didepan benteng Mortello

Mbak Guide juga ikutan jadi model ..

Mbak Guide juga ikutan jadi model ..

Ajang nambah temen niy..

Ajang nambah temen niy..

Ngaso dulu ya..

Ngaso dulu ya..

IMG_3021

Jendela Dunia

Benteng Martello

Benteng Martello

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “One Day Trip Kelor-Cipir-Onrust (Kelor)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s